Jumat, 25 Oktober 2013

Pizza Mini

Bismillah...

Udah lama banget penasaran pingin bikin Pizza, yah walaupun bukan penggemar pizza tapi setiap kali browsing lihat2 resep pizza jadinya gatel tangan ini, hee..

Sebenarnya udah beberapa waktu yang lalu membuat pizza ini, tapi biasalah...baru sempat posting *baca: sok sibuk.
Ini juga ada banyak antrian foto hasil masakanku yang belum sempat terposting, haduuh... :-(
Awalnya bikin pizza pakai happycall, kebetulan belum punya oven waktu itu. Tadinya siy mau nyobain pakai teflon biasa, tapi sempat baca-baca tips bikin pizza pakai teflon ternyata sebaiknya dibawahnya menggunakan sarangan panci kukus yang sudah tidak terpakai (jadi diletakkan diantara kompor & teflon) biar panasnya lebih merata & hasilnya tidak gosong (nah ini yang aku tidak punya). heemm...
Akhirnya ya sudahlah, coba pakai apa yang ada dulu demi memenuhi rasa penasaran :D
Daan, hasilnya waktu itu kurang memuaskan, *sama sekali tidak puas :P
Rotinya kurang empuk ataupun mengembang seperti yang kuinginkan. Aku ga tau apa yang salah, perasaan sudah sesuai step-step yang kubaca. (lagian bikin rotinya kan seperti bikin roti buat donat ya? mestinya kan gampang hee..) Yah..walaupun begitu tapu rasanya lumayan lah.., karena toppingnya banyak & enak2, hee... :D

Percobaanku ke 2 pun masih sama, malah kali ini lebih parah dari yang pertama. Padahal dari bahan2 yang digunakan juga udah sesuai dengan resep & api yang dipakai pun sekecil mungkin.
Bahkan hal ini sempat membuatku desperate dan sempat berpikir bahwa mungkin tanganku memang ga cocok untuk membuat pizza :D
Tapii, ini kan baru 2x, ga boleh ya putus asa ya..! (memberi sugesti positif pada diri sendiri) ciee...:P
Nah, pas bikin Kue Lumpur ketika itu, sempat kepikiran untuk membuat pizza mini aja pakai cetakan kue lumpur, siapa tahu kali ini berhasil, semangaattt....!!


Akhirnya..., Alhamdulillah...berhasil...berhasil...hore..hore..!! :D
Walaupun dengan toping seadanya, tapi aku cukup puas dengan rasa dan hasilnya. Kali inipun dengan bahan2 & cara pembuatan yang sama dengan percobaan yang sebelumnya.
Jadi apa dong masalahnya...?
Daripada ribet nyari apa penyebabnya mendingan, coba lagi untuk hasil yang lebih baik, hee..
Minggu depannya aku coba lagi, dan kali ini lebih memuaskan daripada yang sebelumnya.
Kata Suamiku, lebih enak dari Pizza H*t, hehehee.... *lebay ga ya..? :P
Alhamdulillah anak2 juga mau makan, kalau Daneen maunya dipotong-potong, masukin ke mangkuk nya & disendokin, sedangkan Calista maunya roti & kejunya aja, pake request topingnya pakai keju aja, hemmm...memang picky eater ni anak :-(  
Tapi baiklah, dengan mau aja sudah  termasuk kemajuan :P


Bahan Roti:
250 g tepung terigu protein tinggi
5 g ragi instant --- aku pakai fermipan 1/2 sachet
30 g gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng / margarine cair
125 ml air hangat

Toping:
1 butir tomat
saus tomat botolan
saus pedas manis
2-3 lbr daging asap iris kotak
3 sdm daging sapi giling
50 g jamur merang segar

1/2 btr paprika
1/2 btr bawang bombay
keju mozarela (kemarin aku pakai quick melt)  --- iris kotak / parut
mayonaise --- secukupnya

Bumbu:
gula
garam
merica bubuk
oregano bubuk

Cara Membuat:
1. Roti: campur tepung terigu dengan gula & ragi instant, aduk rata. Tuangi air sedikit-sedikit (bisa sambil dimixer) lalu tambahkan minyak/margarin, uleni hingga kalis & elastis. Lalu diamkan dengan ditutup kain basah atau plastik bening, selama minimal 30 menit.
2. Buat pasta tomat: iris-iris tomat lalu haluskan & masak, lalu campur dengan duo saus secukupnya.
3. Toping: tumis daging sapi giling, daging asap, jamur, beri bumbu2 sedikit saja (sekedar untuk memberi rasa biar tidak hambar), lalu masukkan bawang bombay & paprika. Angkat biarkan dingin.
4. Setelah roti mengembang, hilangkan udaranya dengan memukulnya hingga kempis. Bagi adonan menjadi bulatan2 kecil (kira-kira aja) agar pas seukuran bulatan2 pada cetakan.
5. Pipihkan adonan, masukkan ke dalam cetakan & tusuk-tusuk dengan garpu, lalu oleskan topingnya mulai dari pasta tomat, mayonaise, tumisan daging, keju & taburi oregano.
6. Panggang dengan api kecil hingga matang.
Sajikan hangat.... heemmm delicio... lezatos...!! hehehe  :-)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cumi Kembang Saus Tiram

Bismillahirrohmanirrohiim.... Kali ini aku pingin posting resep masakan yang simpel bumbunya, bisa buat menambah referensi menu harian....