Rabu, 16 Oktober 2013

Tempe Mendoan

Bismillah...

Lanjutan yang kemarin... *tapi jauh banget jaraknya, hemmm...maklumlah minggu kemarin lumayan berat, aku lagi kurang fit yg akhirnya menular pada Daneen, ikutan flu+batuk juga. Alhamdulillah, sekarang udah baikan semua.

Menu ini mengingatkan aku dengan kampung halaman, Mendoan Banyumas, hehehe...
Yups, sebagai suku Ngapak tentunya udah ga asing lagi dengan makanan satu ini. Bahkan kalau di desa-ku ini  adalah menu wajib sebagai lauk sarapan, ataupun cemilan sore hari, hehehee... :D


Tempe Mendoan khas Banyumas ini lumayan terkenal, selain dari bumbunya yang agak berbeda dengan tempe goreng lain, juga biasanya menggunakan tempe yang benar-benar khusus.
Tempenya tipis & lebar, dibungkus dengan daun pisang, dan 1 bungkus biasanya terdiri dari 2 lembar tempe. jadi bukan dari tempe bungkus plastik yang diiris tipis seperti tempe goreng kebanyakan.
Bahkan kalau di daerah sekitarku, ada lho yang jualan tempe mendoan yang ukuran tempenya jumbo, 1 buah tempe gedenya = piring, hehehe.... :D
Wah, ga kebayang deh, kayaknya makan 1buah tempe pun aku ga habis, pasti akan kekenyangan.
xixixixi... :D

Untungnya di jakarta ini lumayan banyak yang jual tempe khusus mendoan, jadi rasa kangen mendoan bisa tersalurkan tiap minggu. Sebenarnya gampang tinggal beli mateng aja banyak koq disini. Tapi lagi2 suka was2 kalau beli gorengan di pinggir jalan :-(
Lagi pula harganya lebih murah kalau bikin sendiri, Rp. 7.000 udah dapat 16 pc tempe mentah. Dan lebih sehat tentunya :-)

Oh iya, sepertinya untuk tempe mendoan (yang mentah) ini agak kurang bagus kalau disimpan lama2 sebelum digoreng, dibandingkan dengan tempe biasa. Aku biasanya menyimpan tempe yang biasa bisa 2-3 harian di kulkas, tapi kalau yang untuk mendoan ini kalau lebih dari sehari udah kurang bagus. Jadi harus fresh begitu tempe jadi (raginya) maka mesti segera dieksekusi.

Lalu selain dari bentuk tempenya, hal yang membedakan dengan tempe goreng di tempat lain adalah bumbu yang digunakan untuk membuat adonan tepungnya, memakai kencur & kemiri, trus cara menggorengnya juga ga boleh terlalu kering. Namanya juga mendoan (asal katanya mendoan ---> mendo=agak lembek).
 

Bahan:
Tempe khusus untuk mendoan (16 pcs)
Tepung terigu (secukupnya) ---biasanya sekitar 9 sdm untuk 16 pc tempe
Tepung beras --- 1,5 sdm
Air matang (secukupnya)
Minyak goreng 

Bumbu:
3-4  siung bawang putih
2 btr kemiri
1 sdt ketumbar sangrai
1 ruas jari / 2cm kencur
daun bawang / kucai (secukupnya) ---diris halus
garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Haluskan bumbu2 baput, kencur, ketumbar & kemiri, lalu masukkan ke dalam campuran tepung terigu dan tepung beras.
2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil di aduk rata, sampai dengan kekentalan adonan tepung yang diinginkan (jangan terlalu kental atau encer, kira2 bisa untuk menyelimuti tempe), tambahkan garam secukupnya (icip aja biar asin-nya pas)
3. Masukkan daun bawang atau kucai ke dalam adonan tepung, celupkan tempe satu persatu lalu goreng dalam minyak panas (di balik2, sebentar saja,kira2 tepungnya matang, biar tidak terlalu kering & tetep mendo=lembek)

Sajikan hangat dengan cabe rawit atau kecap pedas.
Cocok untuk cemilan maupun lauk nasi. :-)


5 komentar:

  1. beli tempe mentahnya dimana ya bun

    BalasHapus
  2. Makasih udah mampir mba.
    Beli di pasar mba, ada yang jual tempe khusus untuk mendoan :-)

    BalasHapus
  3. pasar mana...aku blm pernah nemu nih...berapaan ya harganya sekarang...

    BalasHapus
  4. Di sekitar tempat tinggal saya mba Ummi goenis, Matraman - Jakarta Timur, namanya pasar Pal Meriem.

    BalasHapus
  5. oiya, harganya 6500-7000 dapat 4 bungkus ( 8 lembar tempe)

    BalasHapus

Cumi Kembang Saus Tiram

Bismillahirrohmanirrohiim.... Kali ini aku pingin posting resep masakan yang simpel bumbunya, bisa buat menambah referensi menu harian....