Selasa, 02 Juni 2020

NASTAR

Bismillah...

Bau-bau lebaran udah dekaaat... klo udah mencium bau harumnya kue Nastar. 
Dari jaman dulu sepertinya kue ini wajib ada di meja tamu saat lebaran tiba.
Entah mengapa Nastar ini iconic banget dengan moment lebaran, seperti halnya ketupat. 
Rasanya klo lebaran tanpa Nastar koq seperti ada yang kurang... ye kaaan?


Nastar itu adalah kue kering yang berisi selai nanas, biasanya bentuknya bulat.
Waktu kecil dulu tiap menjelang lebaran sering bantuin ibu membuat kue ini, yaaah walaupun rasa Nastar jaman dulu beda dengan jaman sekarang.
Dulu kan informasi tidak sederas sekarang (hujan kali deraaaasss...), jadi dulu resepnya sederhana tidak spt saat ini yang begitu banyak modifikasi resep Nastar, bentuknya jadi beraneka macam malah kadang-kadang sampai mengganti isinya (brarti bukan Nastar lg ya namanya, heheheh..)

Sejak membuat kue kering sendiri, ini termasuk yang pertama dibuat apalagi kuker ini favoritnya paksu (walapun pemakan segala tapi punya fav juga dia, wkwkwkwk)
Klo aku sendiri favoritnya apa ya...? (mikir sek...)

Resep Nastar yg sering tak pake adalah resep dari NCC dengan pengurangan gula tentunya.
Untuk sekali buat biasanya aku pake 1/2 resep aja, soalnya pegel euy....klo kebanyakan.
Pas mbulet2in itulah kurun waktu terlama dari seluruh proses pembuatannya, aplg klo pingin Nastar yang bentuknya seragam, ehehehehe.....
Oke deh, cuss... kutulis saja disini yg sudah kusesuaikan spt yang biasanya kupake:

Nastar Klasik

Bahan kulit:
125 gr margarin
125 gr butter
45 gr gula halus
2 butir kuning telur
350 gr tepung terigu
2 sdm susu bubuk

Bahan isi:
selai nanas (secukupnya)

Bahan olesan:
2 butir kuning telur kocok lepas dengan 1 sdt susu cair
(boleh diganti dengan egg gloss)


Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu dan susu bubuk, ayak lalu sisihkan.
2. Kocok sebentar mentega, gula halus & telur, cukup tercampur saja (me: max 1 menit).
3. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk aduk perlahan hingga tercampur rata.
4. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas (sebaiknya sudah dibulat-bulatin juga sebelumnya) lalu susun di loyang.
5. Oven dengan suhu 140'C selama kurleb 30 menit.
6. Keluarkan dari oven, lalu poles dengan bahan olesan (untuk hasil lebih bagus bisa dioles 2x) biarkan dulu bbrp saat sekitar 5-7 menit, lalu oven lagi hingga kuning mengkilat/matang.
7. Angkat, biarkan dingin. Susun dalam toples, tutup rapat.


Kuker yg satu ini tergolong lumayan mahal ya, mungkin ini dipengaruhi oleh bahan-bahan yang digunakan dan juga effort dalam pembuatannya yg harus njlimet.. secara mesti dibelai..belai... (eehhh) maksudnya dibuletin satu persatu, dioles-oles satu persatu juga, jadi wajarlah ya kan berbeda dengan kuker yg main cetak-cetak aja, atau tinggal spuit2 aja...hehehe...

Belum lagi kalau yg pingin hasil nastarnya maksimal pasti gatel klo ga bikin isian selai nanas sendiri. Duluuu pas awal-awal aku jg pernah membuat selai nanas sendiri, tapi karena sekarang-sekarang ini sudah banyak selai nanas yg bisa langsung pake ya sudah atas nama efisiensi, efektifitas, kepraktisan (dan tertunya disertai dengan sifat kemalasan) cuuss aja beli jadi, palingan tinggal milih aja merk mana yang kira-kira enak atau sesuai ekspektasi.
Karena selai nanas ini tergantung selera banget untuk tingkat kemanisan & keasamannya.
Naah, dulu waktu bikin selai nanas kira-kira begini bahan & cara buatnya (udah agak lupa euy..)

Selai Nanas Isian Nastar

Bahan:
  • 3 buah Nanas, 
  • 1  sdm garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 ruas jari kayu manis (opsional) ------ saya gak pake 
  • 90 gr gula pasir
Cara Membuat:
  • Kupas nanas, bersihkankan, lalu parut (ini hrs pilih nanas yg matang & manis ya biar hasil selainya manis juga jadi). Parutan nanas ini kira-kira beratnya jadi 1 kg.
  • Masak nanas parut ini denga daun pandan & kayu manis (klo suka), diaduk-aduk biar gak gosong ya, sampai airnya agak menyusut.
  • Masukkan gula & garam, aduk terus sampai airnya asat dan selai siap digunakan (jangan lupa tes rasanya, klo tingkat kemanisan blm sesuai keinginan, gulanya boleh ditambah lagi) 


Ada bbrp tips dalam pembuatan Nastar ini berdasarkan pengalamanku, bukan sok pinter ini tapi memang tujuannya adalah lebih sebagai pengingat buat diriku sendiri, heee...
* Untuk mepercepat proses pembuatan sebaiknya selai nanasnya kita bulat-bulatin lebih dulu sebelum kita membuat adonan kulitnya, selain jadi lebih cepat, bekas lengket tangan kita tidak akan nempel di kulit nastar nantinya
* Hasil akhir rasa nastar akan sangat bergantung sekali dengan butter yang kita pakai, jadi wajib memilih butter yg kualitasnya bagus ya, begitu juga dengan komposisi butter dan margarinnya, 1 : 1 itu standarnya, klo mau lebih yahud rasanya boleh pake butter semua.
* Bentuk nastar yg bulat sempurna itu sangat bergantung pada berapa lama adonan kita aduk atau berada di tangan kita (ini khusus untuk nastar yang bentuknya bulat ya), jadi saat ngocok mentega & kutelnya itu beneran sebentar aja (max 1 menit), begitu juga saat membentuk bulatan-bulatannya jangan terlalu lama di telapak tangan kita untuk menghindari nastar yg mbleber saat dipanggang.
* Klo untuk tips cara pengolesannya udah kusebutkan di atas ya dengan diberi jeda, lalu boleh pake kutel yang dicampur dengan susu uht ataupun menggantinya dengan egg gloss. Plus minusnya, kalau memakai kutel kemungkinan akan terjadi retak dilapisannya, tetapi baunya pasti lebih menggoda drpd dgn egg gloss, tapiii....dengan egg gloss maka lapisannya akan terlihat muluuuusss banget, kuning cantiiikkk....

Okee.. jadi intinya kembali pada statement hidup adalah pilihan ya gaesss...., so enjoy tiap prosesnya untuk hasil yang terbaik, heheee


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cumi Kembang Saus Tiram

Bismillahirrohmanirrohiim.... Kali ini aku pingin posting resep masakan yang simpel bumbunya, bisa buat menambah referensi menu harian....