Rabu, 20 Mei 2020

Kaastangels

Bismillah...

Masih lanjut lagi dengan kue kering lebaran ya, kali ini dengan kuker yang udah familiar banget yaitu Kaastangels atau lazim kita sebut Kastangel.



Konon Kastengel merupakan kue kering yang berasal dari negara Belanda. Wah, brarti kemungkinan udah ada di Indonesia dari jaman penjajahan dulu yak?
Sesuai dengan namanya, kue kering satu ini identik dengan kue keju karena memang salah satu bahan utamanya adalah keju. Jadi pilihan jenis keju yang digunakan akan menentukan rasa dari kue ini. Untuk menghasilkan Kastangel yang rasanya ngeju banget selain komposisi yang dominan biasanya digunakan keju tua, misalnya keju edam. Selain itu rasa yg enak pastinya ditentukan juga oleh penggunaan butter yang berkualitas bagus.

Saat ini resep Kastengel udah buanyaaak banget ragamnya dan bertebaran di dunia maya, pokoknya dijamin bingung deh klo mo milih resep, hehehe.... 
Kue ini juga termasuk salah satu kuker yang rutin kubuat tiap tahun. Dari sekian banyak resep yang ada, aku sempat membuat beberapa macam, daaan...pada akhirnya aku lebih sering membuat Kastangel dengan resep dari mba RIcke Indriani. Makasih banyak ya mba...
Gak usah ditanya ya resep yg lainnya yg mana aja, biasalah... yg kurang berkesan biasanya mudah untuk dilupakan, #eeehhh..

Ok deh, cuuss nulis resepnya, klo resep sumbernya ada disini

Kastengels

Bahan:
300 gr mentega (butter+margarin)
350 gr terigu protein sedang
50 gr maizena
2 sdm susu bubuk
100 gr keju edam parut
100 gr keju parmesan parut

Olesan: 
kuning telur, kocok lepas (secukupnya)

Taburan: 
keju chedar parut

Cara membuat:

1. Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
2. Kocok mentega sebentar saja hingga lunak (gak usah lama-lama atau sampai putih). Masukkan keju edam dan parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.
3. Masukkan campuran tepung yang sudah di ayak tadi, aduk rata dengan sendok kayu kira-kira sampai adonan bisa dibentuk.
4. Gilas tipis adonan dengan tebal sekitar 1 cm, lalu cetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan (stik, bunga, dll). Tata dalam loyang, oles dengan kuning telur dan taburi keju chedar parut.
5. Panggang dalam oven 125'C (dengan api kecil) sampai matang berwarna kuning kecoklatan/golden brown. Angkat dan dinginkan, simpan dalam toples kedap udara.



Kebetulan ketika membuatnya tidak ada bahan yang diubah ataupun dikurangi, dan salah satu alasan menyukai resep ini karena adonan ini tidak menggunakan telur dan menggunakan tepung maizena sehingga menghasilkan Kastangel yang renyah dan garing. Kayaknya lidahku lebih suka tekstur Kastangels yg seperti ini.

Tapi balik lagi ya, semua kue itu disesuaikan saja dengan selera masing-masing, jadi gak usah galau klo lihat resep yang sedikit berbeda, ehehehe....
Bila menyukai Kastengels yang lebih empuk masih bisa koq memakai resep ini dengan menambahkan 1-2 kuning telur yang dikocok bersama mentega.

Oiya sedikit tips  atau catatan dalam membuat kuker (bukan karena sok pintar ya, tapiii.... sebagai pengingat diri sendiri krn akupun sering lupa klo udah lama gak membuatnya) :
* Jangan lupa memanaskan oven sebelum memanggang kuker (wajib ini, agar kuker tidak terlalu lama proses pangangnya)
* Tidak perlu mengoles margarin di loyang kuker, karena kuker biasanya udah pake margarin/butter jadi gak bakalan lengket (kecuali klo gosong, wkwkwkwk....) ----- nah tips yg ini aku suka banget, krn selain irit dan hemat waktu, aku jg sering males oles-oles...
* Tidak semua kuker harus menggunakan kuning telur, tergantung tekstur seperti apa yang diharapkan, klo mau renyah tidak usah pake, klo pingin yg empuk atau agak ngeprul tinggal tambahkan kutel.
* Agar kuker tidak mbleber ketika dipanggang, jangan terlalu lama mengocok mentega (1- 2 menit aja udah cukup) yang penting udah lunak & rata aja.
* Salah satu bahan kuker yg paling menentukan adalah penggunaan butter, jadi semakin bagus butter maka rasanya semakin enak (tapi....pastinya makin bagus makin mahal yak, hehe...)

Smoga bermanfaat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cumi Kembang Saus Tiram

Bismillahirrohmanirrohiim.... Kali ini aku pingin posting resep masakan yang simpel bumbunya, bisa buat menambah referensi menu harian....