Kamis, 11 Juni 2020

Putu Ayu

Bismillahirrohmanirrohiim...

Langsung aja ya, postingan kali ini adalah salah satu kue kesukaaan.
Iyaa, aku suka kue tradisional tapi yang gak monoton manis, ada gurih2nya gitu, hehehe...
Ketahuan kan klo sebenarnya cah ndeso, lidahnya suka yg klasik, kuno, tradisional 😆
Maaf ya klo kali ini aku iseng membuatnya jadi beberapa warna, biar gak monoton dan lebih meriah aja..


Udah beberapa kali membuat Putu Ayu ini tapi ya gitu deh klo gak ditulis pas mo bikin lagi lupa resep yang enak, trs nyari lagi dan beda lg hasilnya, hahahah... maklumin aja lah ya klo dah mulai pikun... *ngaku 😂
Jadi cuuss aja langsung ditulis, ini salah satu resep yang kudapat dari Cookpad dgn sedikit penyesuaian, menurutku yg ini udah lumayan enak rasanya, manisnya tipis aja seperti biasa...

Putu Ayu

Bahan:
2 butir telur
1/2 sdt SP
160 gr gula pasir
1/2 sdt vanilli
200 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
200 ml santan
pasta pandan/pewarna makanan

1/2 butir kelapa muda (diparut)
1 sdm tepung sagu/tapioka/maizena
sejumput garam
minyak goreng untuk mengoles cetakan


Cara Membuat:
1. Campur kelapa parut, garam & tepung sagu, kukus 10 menit, sisihkan.
2. Mixer telur, gula pasir dan vanili dengan kecepatan tinggi sampai softpeak (agak kaku, tidak mudah tumpah).
3. Turunkan kecepatan mixer, campur terigu & baking powder lalu masukkan ke dalam adonan sedikit demi sedikit bergantian dengan santan pada saat memasukkannya, aduk cukup sampai tercampur rata saja (jangan terlalu lama). Disini tekstur adonannya hampir sama dengan adonan bolu kukus.
4. Masukkan pasta pandan atau pewarna makanan (adonan boleh dibagi menjadi beberapa bagian  dulu baru masukkan pasta/pewarna sesuai keinginan).
5. Olesi cetakan putu ayu dengan minyak (tipis saja), masukkan kelapa parut yang sudah dikukus ke dalam cetakan dengan sedikit ditekan-tekan, lalu masukkan adonan sampai hampir penuh. Masukkan ke dalam panci kukus yang sudah dipanaskan smp mendidih, lalu kukus adonan putu ayu selama 10-15 menit. 

Setelah matang angkat & biarkan agak dingin dulu baru dikeluarkan dari cetakan, sajikan.


Enak banget ini sebagai teman ngeteh sore-sore 😋
Resep ini menghasilkan sekitar 32 putu ayu, ekonomis banget yak..? mayan loh klo untuk jualan, modalnya dikit tapi hasilnya bisa banyak...
Kalau untuk konsumsi sendiri biasanya aku membuat 1/2 resep aja.
Setengahnya aja udah banyak banget secara di rumah yang suka hanya aku dan paksu aja, klo anak-anak kayaknya kurang bersemangat makan kue-kue tradisional kek gini.

Penggunaan tepung sagu/maizena disini tujuannya adalah agar parutan kelapanya bisa set nempel, tidak mudah ambyar berantakan. 
Campuran parutan kelapa ini sebaiknya dikukus dulu biar tidak cepat basi, jadi kue putu ayu-nya nanti bisa tahan sampai 2 hari di suhu ruang (dalam wadah tertutup).
Oh iya, hati-hati juga saat memberi garam, karena parutan kelapa ini menurutku sensi banget klo sama garam. Jadi kasih garamnya dikit aja ya..

Semoga bermanfaat 😊


1 komentar:

Cumi Kembang Saus Tiram

Bismillahirrohmanirrohiim.... Kali ini aku pingin posting resep masakan yang simpel bumbunya, bisa buat menambah referensi menu harian....