Selasa, 21 Januari 2014

Udang Goreng Keriting

Bismillah...

Udah lama juga tidak posting udang (maklum udangnya kebanjiran jadi mahal....) hehehehe...
Btw, ikut bersedih dengan adanya musibah banjir dimana-mana. Memang intensitas hujan di Jakarta beberapa hari ini tinggi sekali, hampir tiap hari pergi & pulang kantor dengan memakai jas hujan dan basah + kedinginan. Namun, Alhamdulillah rumah tidak kebanjiran :)

Jadi, kali ini edisi upload foto lama, foto setahun yang lalu....huuaaaa... udah jamuran kali ya klo makanan beneran? xixixixi... :D
Setahun yang lalu tentunya bukan 365 hari yang lalu, ya... kira-kira akhir tahun 2013 saat ga sempat nyentuh blog, heheeh.


Walaupun ini stok foto lama, tapi menu yang sangat familiar di meja makanku.
Mungkin hampir tiap minggu bikin udang goreng, atau setidaknya 2 minggu sekali, selang seling dengan Crispy Calamari, karena keduanya adalah favoritnya anak-anak.
Sejak menemukan campuran tepung dan bumbu yang pas untuk membuat tekstur yang kriuk pada waktu membuat ayam goreng krispi, akhirnya saya jadi rajin bikin yang kriuk-kriuk.

Mungkin karena saking seringnya, sampai-sampai tangannya juga jadi keriting seperti keritingnya tepung bumbunya, hihihiiiii... (wah perlu rebonding nih kayaknya) :p
Kuncinya membuat tepung yang bisa keriting dan kriuk adalah dengan menggunakan tepung yang bener-bener fresh atau baru. Dijamin tidak perlu susah-susah nyubitin tepung biar keriting, ntar dia akan keriting dengan sendirinya, seperti masuk salon ;) *halah


Bahan :
500 g udang jerbung
+/- 200 g tepung terigu protein rendah (kunci biru)
1 buah jeruk nipis, peras airnya
2 putih telur, kocok lepas
minyak untuk menggoreng

Bumbu:
3 siung bawang putih, parut
2 cm jahe, parut
bumbu bubuk: bawang putih, jahe, cabe, kari & merica secukupnya
garam secukupnya
sedikit baking powder (optional)

Cara Membuat:
1. Cuci bersih udang, bersihkan kotorannya dengan sedikit menyayat bagian punggung & dadanya, buang kulitnya sisakan ekornya, lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis diamkan selama 15 menit.
2. Bilas udang sampai bersih lalu bumbui dengan bawang putih , jahe dan garam, diamkan beberapa saat.
3. Campur tepung terigu dengan bumbu-bumbu bubuk, garam & baking powder (optional), kemudian gulingkan udang ke dalam tepung, lalu celup pada putih telur & gulingkan lagi pada tepung sambil diremas-remas atau dicubit-cubit biar keriting alias kruwel-kruwel.
4. Goreng dengan minyak panas sampai matang, lalu tiriskan dengan tisu.

Sajikan hangat dengan saus botolan hemmm... kriuk & yummy.... hehehe. ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cumi Kembang Saus Tiram

Bismillahirrohmanirrohiim.... Kali ini aku pingin posting resep masakan yang simpel bumbunya, bisa buat menambah referensi menu harian....