Kamis, 20 November 2014

Tempe & Tahu Bacem

Bismillah...
Ga terasa udah bulan November, bentar lagi akhir tahun nih...
Sampai saat ini belum kabayang bagaimana akhir tahun 2014 ini, apakah akan super sibuk seperti akhir tahun yang lalu, ataukah akan ada nuansa yang berbeda di akhir tahun ini, entahlah...
Yang jelas dinikmati & bersyukur aja di tiap detik yang kita lewati :-) #edisi bersyukur.

Hemm... baiklah, kali ini ingin posting makanan rakyat yang sederhana tapi nikmat *halah
Gapapa deh klo mau bilang ini makanan ndeso, biar ndeso tapi banyak yang nyari brarti banyak yang suka kan? hehee... ;-)


Mungkin banyak yang suka karena keunikan rasanya yang legit alias manis menggigit *halah... bahasa opo maneh iki :P
Yang jelas, saya adalah satu diantara sekian banyak orang yang suka dengan tempe & tahu bacem ini.
Saya ga tahu dari mana asal makanan ini *mungkin dari Jawa, karena tempe & tahu banyak di Jawa :D
Kalau di jakarta ini memang agak susah mencari bacem, tidak semua warung makan ada, biasanya adanya di pasar-pasar tradisional & warung / rumah makan asal jawa karena biasanya sebagai lauk pelengkap gudeg.

Sebenarnya udah lama banget pingin bikin bacem sendiri, dulu kayaknya pernah bikin juga waktu di Jambi, tapi lupa-lupa ingat, dan belum sempat didokumentasikan :-)
Daaan... foto inipun sebenarnya udah lama ngendon di file picture, tapi.... berhubung terhalang oleh kemalasan yang luaarrr biasa jadinya baru bisa mempostingnya sekarang, huehehehe...

Kali ini memakai resep bacem versinya mba Diah Didi, yang udah lengkap banget dengan tips nya :)
Resepnya bisa diintip langsung di webnya mba Diah disini, dan biar lebih afdol kutuliskan lagi dibawah ini, karena resep ini recomended banget lah pokoke :P

Bahan dan bumbu:
10 pc tahu (saya campur dengan tempe)
800 ml air kelapa
100 gr gula merah yang warnanya coklat
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, geprek / iris tipis juga
1/2 sdt ketumbar
2 lbr daun salam
2cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk (saya kemarin gak pake)
minyak secukupnya untuk menggoreng


Sebagai gantinya kaldu bubuk saya memakai ceker ayam 6 buah, yang direbus bareng bersama tempe dan tahu. Kan sama aja keluar juga kaldunya, sehingga rasanya menjadi gurih dan tambah nikmat.
Sehingga sekalian membuat ceker ayam bacem juga, enak juga kok, hihihi...
Sayangnya waktu bikin yang ini kebetulan saya punyanya gula yang berwarna coklat terang sehingga hasil bacemnya pun agak terang, kurang pekat warna coklatnya. Tapi gak papa deh, secara rasa tetap memuaskan kok. 

Cara membuat:
1. Siapkan panci, masukkan bahan & semua bumbu, lalu tuang air kelapa dan tutup panci, rebus dengan api kecil hingga air menyusut.
2.  Goreng bacem hingga matang dan warna kecoklatan.
Siap disajikan.

Tips dari mba Diah;
Jangan menggunakan api yang besar ketika merebus karena air menjadi cepat habis sementara bumbu belum meresap.
Ketika merebus sesekali balikkan tahu/tempe agar bumbu meresap merata, sambil diiicip dan disesuaikan dengan selera rasa masing-masing.
Agar bacem menjadi semakin padat dan mantap sebaiknya bacem diinapkan dulu dengan tetap direndam air bumbu sisa rebusannya dan masukkan ke kulkas. Jadi ketika kita goreng keesokkan harinya bacemnya akan terasa lebih enak, padat, bumbu meresap, mantap, coklat cantik seperti kalau kita beli.



Next time bakalan bikin lagi dengan resep ini, karena hasilnya memuaskan. Kalau yang bikin sebelumnya gak pake takaran, hahaha.... main feeling gitu ceritanya. Namanya juga feeling jadi suka tidak konsisten takarannya. Makasih ya mba Diah, udah share resepnya.
Jempol deh :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cumi Kembang Saus Tiram

Bismillahirrohmanirrohiim.... Kali ini aku pingin posting resep masakan yang simpel bumbunya, bisa buat menambah referensi menu harian....