Rabu, 27 November 2013

Nasi Kuning

Bismillah...

Kali ini pingin posting Resep Nasi Kuning komplit yang biasa kubuat.
Biasanya orang memasak nasi kuning identik dengan moment-moment khusus (*dulu) seperti acara ulang tahun, syukuran dll, tapi saat ini kayaknya tradisi tersebut sudah mulai bergeser (atau lebih tepatnya berkembang).
Orang sudah semakin sering memasak nasi kuning walaupun tidak ada acara khusus, bahkan sekarang sudah banyak yang jual nasi kuning setiap saat dan sudah biasa sebagai menu sarapan seperti layaknya nasi uduk, nasi gemuk, nasi gurih dan lainnya.


Kalau asal nasi ini aku kurang tahu juga, yang jelas ada di Jawa, Sumatra, bahkan di Sulawesi dan daerah Indonesia Timur lainnya juga buanyak. Jadi udah menjadi ciri khas masakan Nusantara :-)
Dulu ketika tinggal di Nabire - Papua, nasi kuning adalah menu sarapan favoritku, apalagi disana porsinya buanyaaakkk... banget, jadi sebungkus cukup deh buat berdua.

Tadinya aku juga jarang masak nasi ini, ya paling kalau lagi kepingin banget atau sengaja pas bertepatan sama ultah suami atau anak2. Tapi sejak di Jakarta, kalau weekend si Kakak ikut belanja di pasar biasanya minta nya beli nasi kuning atau jajan pasar seperti ketan item, cenil, sawut dkk. (*hihihi....ternyata ndeso juga selera anakku ini)

Udah gitu ternyata Adek juga suka, malah seringnya mereka heboh rebutan, hemm.... maklumlah namanya juga anak2.
Akhirnya inilah yang jadi alasan buatku sering bikinin mereka nasi kuning (lha wong ternyata lebih enak bikin sendiri koq), bikinnya pake presto aja yang cepat ga pake ribet, hehehehe.... :D


Bahan:
800 ml - 1 l beras, cuci bersih
air secukupnya
2 btg kunyit (yang panjangnya kira2 sama dgn jari telunjuk) --- bakar dulu kunyitnya lalu parut kemudian campur dengan segelas air & saring/peras. Bisa diulangi lagi sampai tidak mengeluarkan  warna kuning.
1/2 sdm garam
santan secukupnya (biasanya aku pakai 1-2 sachet santan instant kara yg uk. 30ml)
3 lbr daun salam atau daun pandan juga bisa

Cara Membuat:
Masukkan beras yang sudah dicuci, air perasan kunyit, air untuk memasak, santan & garam.
Masak dengan panci presto sampai mendidih dan berbunyi, lalu kecilkan api, tunggu kira-kira 3 menit baru matikan api. Setelah itu tunggu sampai uap hilang sehingga presto mudah dibuka. (aku pakenya panci presto yang jadul ya... jadinya ya begini, tapi so far so good lah, hehe...) :D
Sajikan...hangat.

Nah itu baru cara bikin Nasi Kuningnya, biar lebih mantaaappp harus ada pelengkapnya donk, diantaranya:

1. Telur Dadar Iris.

Bahan:
4 butir telur ayam kocok lepas
1/2 sdt garam
1 sdm tepung terigu sebagai campuran telur biar lebih lembut aja (boleh di skip)
sedikit merica bubuk


Cara membuat:
Campur semua bahan, lalu dadar dengan wajan teflon, tipis-tipis saja, angkat lalu iris-iris.
(Kalau anak-anak bilang "ini telurnya kaya mie bunda," hihihihiii...)

Kalau beberapa pelengkap yang lain sudah pernah ku upload resepnya, yaitu:
2. Kering Tempe, resepnya disini.
3. Perkedel kentang, resepnya disini.
4. Sambal terasi ada disini.
5. Abon Sapi
Nah kalau abon sapi ini kebetulan aku nggak bikin alias beli jadi. Kebetulan saudara suamiku penguasaha abon sapi asli dari Solo. Rasanya dijamin maknyus dech!! ada yang rasa original/manis dan ada yang pedas.
Jadi kalau ada yang berminat, sekedar pingin icip atau penggemar abon, boleh koq pesen sama aku, xixixixixi.... (*numpang promosi) :D

Hemmm... back 2 nasi kuning, sejak bundanya bikinin nasi kuning, anak-anak udah ga berebutan lagi ya, hehehe... iyalah secara banyak gitu bikinnya :D
Alhamdulillah mereka tetap excited waktu makannya, dan nasi ini selalu jadi menu favorit keluarga.
Kalau pas hari libur 3 orang customerku sering minta dibikinin nasi kuning. Ayo aja deh, gampang koq & hasilnya juga memuaskan. :-)



1 komentar:

Cumi Kembang Saus Tiram

Bismillahirrohmanirrohiim.... Kali ini aku pingin posting resep masakan yang simpel bumbunya, bisa buat menambah referensi menu harian....